Rekomendasi Lagu Bahasa Italia

Sebagian besar lagu yang saya rekomendasiin disini genrenya chorus. Saat ini, saya baru ngasih 6 judul, tapi bisa diedit dan saya tambah lagi sewaktu-waktu.

Andrea Bocelli - Con Te Partiro
Bisa dibilang kebangetan buatmu jika kamu seneng sama Italia2an, tapi gatau lagu ini. Ini lagu legend, dan tanpa saya tulis disini, artikel-artikel rekomendasi lagu Italia lain biasanya nyantumin judul lagu ini.
Ps : saya pribadi lebih suka yang versi paduan suara anak-anak yang 2016 ketimbang aslinya.

Annalisa - Alice e il Blu
Kalau diterjemahkan, artinya Alice dan Biru. Kalau kamu belajar Bahasa Italia, lagu ini adalah salah satu yang pas buatmu untuk belajar listening. Soalnya pronountiation lagu ini nggak samar2 dan bisa kedengeran jelas di telinga pemula sekalipun tanpa liat liat lirik. 
Lagu yang nadanya unik ini memiliki lirik yang artinya sangat puitis. Tentang seorang Alice yang tidak bisa tersenyum, dan tidak lagi bahagia. Seorang ragazzo kemudian menghampirinya dan bertanya, apa yang bisa ia lakukan untuknya? Lalu Alice berkata, "Lihatlah itu di langit. Pergilah kau kesana, dan ambilkan aku segenggam awan". Si lelaki tadi ngangguk, dan dia pun menuruti apa yang diminta si Alice ini. Namun ternyata Alice nggak puas. Dia ingin lebih lagi. Maka, dia bilang ke si ragazzo ; "Lihatlah lebih keatas lagi. Pergilah kau kesana dan ambilkan aku sepotong biru". Setelah dia berhasil mendapatkan apa yang dia minta, Alice akhirnya bisa tersenyum selama semenit, sebelum akhirnya semuanya kembali seperti semula. Kira-kira seperti itulah ringkasnya. 

Akiko Shikata - Mare 
Meskipun yang bikin dan nyanyinya itu bukan orang Itali, atau lebih tepatnya dia adalah orang Jepang--salah satu negara yang biasanya orang2nya ngomong Inggris aja belepotan, lagu ini nggak bisa diremehkan. Disini pelafalan Bahasa Italianya mbak Akiko sangat lancar, meskipun karena genrenya chorus, jadi nggak bisa sekali-denger-langsung-tau-liriknya kayak Alice e il Blu. Ditambah arti liriknya yang gak kalah puitis dibanding Alice e il Blu. Singkatnya, lagu ini menceritakan tentang laut yang tertawa. Dan kalau mau tau arti lengkapnya, googling lagi aja gih, saya males deskripsiin. 
Lagu ini punya dua versi, yang pertama Allefretto Grazioso, dan yang kedua adalah Andante Molto Espressivo. Yang versi pertama, nadanya lebih lambat dan liriknya lebih sedikit dibanding versi keduanya. Kalau saya lebih suka yang versi kedua, karena warna-warna budaya Italia sangat terasa dalam instrumentalnya dibanding yang pertama. 

By the way, selain Mare, Akiko Shikata juga menciptakan beberapa lagu-lagu lain yang pake bahasa Italia, dan selain nadanya indah, arti liriknya juga pada bagus2. Antara lain : Come Raggio di Sol, Hikari Furu Basho de Promesse, Buonanotte, Ricordando il Passato, dan lain-lain. Memang, Akiko Shikata adalah penyanyi terfavorit saya karena lagu-lagunya yang biasanya berkesan tradisional, tapi pas di telinga orang modern. Salah satu temen saya bahkan sampai bisa nebak dengan tepat kalau saya lagi dengerin lagunya mbak Akiko pas dia liat saya pakai headset x'D 

.
Yak, itu dulu. Makasih udah mau baca, dan semoga berguna. 

1 komentar:

Silakan berikan komentar dengan bahasa yang sopan dan jelas. Itu saja, sekian dan terimakasih.

Flag Counter